This blog is dedicated for my beloved : Zana Darryl and Valentino Rossi..."I am not a super Mom but I'll keep fighting to make your dreams come true..."

Selasa, 19 Maret 2013

Kepaya YTH Bapak dan Ibu Guru di sekolah...

Salam Hormat,

Perkenalkan, nama saya Estu Rani, ibunda dari Zana Darryl Andara, kelas 8-3. 
Sudah hampir 2 minggu putri saya tsb di atas tidak dapat masuk sekolah, dikarenakan menjalani operasi ke-5 matanya. Mungkin bapak/ibu guru berkata dalam hati, operasi mata? sakit apa sih? memang harus berapa kali operasinya? sampai kapan sering membolos/izin tidak masuk sekolah? 
Saya mungkin bisa menjawab sebagian dari pertanyaan itu...

Zana Darryl Andara, 14 tahun, lahir dengan Aniridia ODS (terlahir tanpa iris mata) yang di ikuti dengan 3 penyakit lain karena lahir tanpa iris tsb, yaitu Katarak ODS (ODS=kanan kiri), Glaucoma ODS, dan kornea parut (mata kanan), jika pertanyaannya adalah "Harus berapa kali operasi?" yang punya jawabannya hanya Allah SWT, Zana atau pun saya tidak pernah tahu, harus berapa kali kami melalui hal-hal seperti ini. Jika Bapak dan Ibu guru bertanya pada Zana, apakah dia mau terlahir seperti ini? apakah dia mau terus menerus melakukan operasi sepanjang hidupnya? Zana pasti akan menjawab Tidak Mau. Tidak ada satu orang pun yang terlahir ke dunia mendapat kesempatan ditanya oleh Allah ingin di ciptakan seperti apa? ingin di takdirkan seperti apa? Manusia tidak punya hak memilih jalan hidupnya, hanya Allah Sang Penentu. 

Mungkin dengan keadaan Zana saat ini dan kondisi kekurangannya, dia berkesan banyak melalaikan tugas sekolah, waktu sekolah...tapi apa yang bisa kami lakukan? Saya sebagai orang tua hanya memberikan apa yang menjadi hak zana sebagai anak. Pendidikan, saya sekolahkan dia dengan segala kekurangannya, saya perjuangkan kesembuhannya, saya berusaha sekeras mungkin memberikan hak dan memperjuangkan hidup yang lebih baik untuk Zana dengan kekurangannya sekarang. Secara Fisik, zana mungkin terlihat normal, dia selincah anak-anak seusianya, di balik kekurangannya, zana bukan tipe anak yang suka mengeluh, dia tidak pernah terbebani dengan kekurangannya, dia tidak pernah merasa berbeda dengan teman-temannya. Dia memang tidak terlihat cacat tapi Allah begitu Maha Kuasa mengetahui kekuatannya menerima dan menjalani takdir seperti ini. Bahkan kemungkinan terburuknya adalah....Dunianya akan gelap...dan saya berjuang untuk memberikan cahaya indah sepanjang hidupnya. 

Saya memohon bantuan Bapak dan Ibu guru, untuk bisa memberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk Zana, agar bisa bersekolah, agar bisa menerima haknya sebagai anak, mendapatkan pendidikan yang sebaik-baiknya sesuai kemampuannya. Dia mungkin bukan anak tercerdas di sekolah, bukan anak yang membanggakan Bapak dan Ibu guru, tapi dia bukan anak bodoh...dia hanya memiliki keterbatasan yang mungkin tidak di miliki oleh teman-temannya yang lain. 

Semoga Bapak dan Ibu guru bisa mengerti...bisa membantu saya, bisa menjaga Zana, membuatnya percaya dan yakin, bahwa dia masih selalu memiliki kesempatan untuk apapun....

Terima Kasih

3 komentar:

Unknown mengatakan...

anakku yg pertama yg baru berumur 3bulan juga menderita aniridia dengan glaucoma dimata kanannya... saat ini menurut medis belum bisa di operasi.. saya tak tahu harus berbuat apa namun saya yakin tuhan pasti punya rencana yg indah buat anak ku.....

Unknown mengatakan...

anakku yg pertama yg baru berumur 3bulan juga menderita aniridia dengan glaucoma dimata kanannya... saat ini menurut medis belum bisa di operasi.. saya tak tahu harus berbuat apa namun saya yakin tuhan pasti punya rencana yg indah buat anak ku.....

Unknown mengatakan...

Selalu optimis....
Dibalik kurangnya...akan ada lebih yang tak terhingga untuk anak2 kita...
Allah selalu memberikan paket ujian berikut jawabannya :)